Pages

Monday, March 30, 2020

KIKD Dasar Desain Grafis

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (C2)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.


Mata Pelajaran     : Dasar Desain Grafis

Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 

4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

3.2 Mendiskusikan fungsi, dan
unsur warna CMYK dan RGB

4.2 Menempatkan berbagai fungsi,
dan unsur warna CMYK dan
RGB.

3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip
tata letak, antara lain : proporsi,
irama (rythm), keseimbangan,
kontras, kesatuan (unity), dan
harmoni dalam pembuatan
desain grafis 

4.3 Menerapkan hasil prinsipprinsip
tata letak, antara lain :
proporsi, irama (rythm),  keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis

3.4 Mendiskusikan berbagai format
gambar

4.4 Menempatkan berbagi format
gambar

3.5 Menerapkan prosedur scanning
gambar/ ilustrasi/teks dalam
desain

4.5 Melakukan proses scanning
gambar/ ilustrasi/teks dengan
alat scanner dalam desain

3.6 Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar vektor

4.6 Menggunakan  perangkat lunak
pengolah gambar vektor

3.7 Menerapkan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
4.7 Memanipulasi gambar vektor
dengan menggunakan fitur efek

3.8 Menerapkan pembuatan desain
berbasis gambar vektor

4.8 Membuat desain berbasis
gambar vektor

3.9 Menerapkan perangkat lunak
pengolah gambar bitmap (raster)

4.9 Menggunakan perangkat lunak
pengolah gambar bitmap (raster)

3.10 Menerapkan  manipulasi gambar
raster dengan menggunakan
fitur efek

4.10 Memanipulasi gambar raster
dengan menggunakan fitur efek

3.11 Mengevaluasi pembuatan desain
berbasis gambar bitmap (raster)

4.11 Membuat desain berbasis
gambar bitmap (raster)

3.12 Mengevaluasi  penggabungan
gambar vektor dan bitmap
(raster)

4.12 Membuat desain penggabungan
gambar vektor dan bitmap
(raster)

No comments:

Post a Comment